Surveillance ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari program Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Peradilan Agama yang dimulai sejak tahun 2017 lalu. Pelaksanaan Asessmen Surveillance dan Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu dilakukan berdasarkan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Asessmen Surveillance dan Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu yang telah di edarkan melalui Surat Dirjen Badilag Nomor: 4733/DJA/OT.01.3/X/2019, tertanggal 9 Oktober 2019 tentang Pelaksanaan Asessmen Surveillance dan Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu Gelombang II Tahun 2019.
Kegiatan Asessmen Surveillance dan Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu dilaksanakan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, dan langsung melakukan observasi terkait kondisi sarana prasarana dan kebersihan lingkungan kantor, mengamati pelaksanaan 5R 3S, mengamati kesiapan petugas dan pelayanan PTSP dan resepsionis, mengambil gambar situasi layanan dan memeriksa daftar hadir.
Adapun Tim Asessor Asessmen Surveillance dan Asessmen Eksternal APM PTA Ambon yakni Drs. H. A. Razak Pellu, S.H., M.H. (Lead Asessor), Ismail Difinubun, S.Ag.,MH (Lead Asessor), Drs. Muhammad Akyas (Pendamping Asessor), Yeni Lestari, S.Kom, (Pendamping Asessor), Afwan Arsyad, A.Md (Pendamping Asessor).
Dalam kegiatan Evaluasi Akreditasi Penjaminan Mutu, Lead Assesor Eksternal/Wakil Ketua PTA Ambon dalam sambutannya menjelaskan tujuan dan maksud Tim Asessmen Surveillance datang ke PA Tual, yakni untuk melakukan observasi atau melihat secara langsung perubahan yang dilakukan sebelum dan sesudah pelaksanaan APM. Serta melengkapi yang kurang sempurna untuk disempurnakan.
Ketua PA Tual, Dahron, S.Ag.,M.S.I., dalam sesi presentasi melakukan presentasi dengan memaparkan beberapa hal meliputi :
1) Uraian dan penjelasan profil singkat PA Tual yang meliputi visi dan misi, struktur organisasi PA Tual, peta yurisdiksi, keadaan perkara, dan keadaan pegawai pada PA Tual;
2) Penjelasan tentang Struktur Tim Penjaminan Mutu PA Tual, beserta tugas-tugasnya;
3) Penjelasan tentang capaian yang telah dilaksanakan oleh PA Tual yang dijabarkan ke dalam beberapa area yang meliputi :
I. Kepemimpinan (Leadership)
II. Customer Fokus
III. Proses Managemen
IV. Srategic Planning
V. Resources Managemen
VI. Dokumen System
VII. Performance Result
4) Penjelasan tentang temuan dan hasil tindak lanjut kontrak kinerja tahun sebelumnya;
5) Menampilkan inovasi aplikasi pelayanan keperkaraan yang berbasis android yang bernama I-Var;
6) Menampilkan foto-foto yang menggambarkan kejadian sebelum dan sesudah APM.
Setelah melaksanakan sesi tanya jawab, acara dilanjutkan degan penyampaian kesimpulan, catatan dan kata penutup dari Tim Asessmen Surveilance, yang berisi antara lain :
1) PA Tual segera melakukan perbaikan-perbaikan atas dokumen-dokumen yang kurang atau masih salah;
2) Penyelesaian perbaikan eviden-eviden dilakukan sesuai dengan kontrak kinerja, untuk dokumen-dokumen maksimal 1 bulan dan perbaikan SKM maksimal 10 hari;
3) Hasil perbaikan harus segera dikirimkan ke Tim Assesmen Surveilance PTA Ambon;
4) Secara umum kelengkapan dokumen-dokumen APM yang dimiliki PA Tual telah mencapai 80%;
Sebelum acara diakhiri dilakukan foto bersama antara Tim Asessmen Surveilance dengan Tim Penjaminan Mutu PA Tual.
Semoga PA Tual dapat mempertahankan nilai “A” excelent yang diraih pada tahun 2017 lalu dan pada surveillance pertama pada tahun 2018 kemarin. (*Nurrahman/Tim TI*).