logo namlea

Portal Pengadilan Agama Tual

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tual, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Tual

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Zona Integritas

Pencanangan pembangunan Zona Integritas dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik
Zona Integritas

11 APLIKASI INOVASI

11 Aplikasi Inovasi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama
11 APLIKASI INOVASI

MOTTO PENGADILAN AGAMA TUAL

Motto Pengadilan Agama Tual "M A N T A P P"..
MOTTO PENGADILAN AGAMA TUAL

 

Statistik Perkara Direktori Putusan Jadwal sidang Biaya sidang E Corut Gugatan Mandiri
Merupakan Statistik Perkara yang ditangani Pengadilan Agama Tual Publikasi Putusan sebagai bentuk keterbukaan infromasi dan layanan untuk mengakses putusan pengadilan Pengadilan Agama Tual memberikan kemudahan dalam mengakses informasi jadwal sidang Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berpekara dalam proses penyelesaian perkara Merupakan layanan pengadilan berbasis elektronik yang memudahkan pihak untuk mendapatkan layanan berperkara Aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk melakukan gugatan mandiri tanpa ada jasa siapapun

 

 

 

 

Zona Integritas

Area 1 Area 2 Area 3 Area 4 Area 5 Area 6

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tual Kelas II (www.pa-tual.go.id), sebagai media informasi dan transparansi pada Peradilan Agama di Maluku   -   Keluarga Besar Pengadilan Agama Tual Mengucapkan : Selamat dan Sukses atas Dilantiknya Bapak SAMSUDIN DJAKI, SH. sebagai KETUA PENGADILAN AGAMA TUAL, Semoga Amanah dan diberikan kemudahan dalam mengemban tugasnya.

 

Ikm dan Ipk

 

Hak hak Perempuan

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Selengkapnya

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Selengkapnya

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Selengkapnya

 

Surveillance ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari program Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Peradilan Agama yang dimulai sejak tahun 2017 lalu. Pelaksanaan Asessmen Surveillance dan Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu dilakukan berdasarkan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Asessmen Surveillance dan Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu yang telah di edarkan melalui Surat Dirjen Badilag Nomor: 4733/DJA/OT.01.3/X/2019, tertanggal 9 Oktober 2019 tentang Pelaksanaan Asessmen Surveillance dan Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu Gelombang II Tahun 2019.

 Kegiatan Asessmen Surveillance dan Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu dilaksanakan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, dan langsung melakukan observasi terkait kondisi sarana prasarana dan kebersihan lingkungan kantor, mengamati pelaksanaan 5R 3S, mengamati kesiapan petugas dan pelayanan PTSP dan resepsionis, mengambil gambar situasi layanan dan memeriksa daftar hadir.

 Adapun Tim Asessor Asessmen Surveillance dan Asessmen Eksternal APM PTA Ambon yakni Drs. H. A. Razak Pellu, S.H., M.H. (Lead Asessor), Ismail Difinubun, S.Ag.,MH (Lead Asessor), Drs. Muhammad Akyas (Pendamping Asessor), Yeni Lestari, S.Kom, (Pendamping Asessor), Afwan Arsyad, A.Md (Pendamping Asessor).

 Dalam kegiatan Evaluasi Akreditasi Penjaminan Mutu, Lead Assesor Eksternal/Wakil Ketua PTA Ambon dalam sambutannya menjelaskan tujuan dan maksud Tim Asessmen Surveillance datang ke PA Tual, yakni untuk melakukan observasi atau melihat secara langsung perubahan yang dilakukan sebelum dan sesudah pelaksanaan APM. Serta melengkapi  yang kurang sempurna untuk disempurnakan.

Ketua PA Tual, Dahron, S.Ag.,M.S.I., dalam sesi presentasi melakukan presentasi dengan memaparkan beberapa hal meliputi :

 1)   Uraian dan penjelasan profil singkat PA Tual yang meliputi visi dan misi, struktur organisasi PA Tual, peta yurisdiksi, keadaan perkara, dan keadaan pegawai pada PA Tual;

 2)   Penjelasan tentang Struktur Tim Penjaminan Mutu PA Tual, beserta tugas-tugasnya;

 3)   Penjelasan tentang capaian yang telah dilaksanakan oleh PA Tual yang dijabarkan ke dalam beberapa area yang meliputi :

 I.        Kepemimpinan (Leadership)

 II.      Customer Fokus

 III.    Proses Managemen

 IV.    Srategic Planning

 V.      Resources Managemen

 VI.    Dokumen System

 VII.  Performance Result

4)   Penjelasan tentang temuan dan hasil tindak lanjut kontrak kinerja tahun sebelumnya;

5)   Menampilkan inovasi aplikasi pelayanan keperkaraan yang berbasis android yang bernama I-Var;

6)   Menampilkan foto-foto yang menggambarkan  kejadian sebelum dan sesudah APM.

 Setelah melaksanakan sesi tanya jawab, acara dilanjutkan degan penyampaian kesimpulan, catatan dan kata penutup dari Tim Asessmen Surveilance, yang berisi antara lain :

 1)     PA Tual segera melakukan perbaikan-perbaikan atas dokumen-dokumen yang kurang atau masih salah;

 2)     Penyelesaian perbaikan eviden-eviden dilakukan sesuai dengan kontrak kinerja, untuk dokumen-dokumen maksimal 1 bulan dan perbaikan SKM maksimal 10 hari;

 3)     Hasil perbaikan harus segera dikirimkan ke Tim Assesmen Surveilance PTA Ambon;

 4)     Secara umum kelengkapan dokumen-dokumen APM yang dimiliki PA Tual telah mencapai 80%;

 Sebelum acara diakhiri dilakukan foto bersama antara Tim Asessmen Surveilance dengan Tim Penjaminan Mutu PA Tual.

Semoga PA Tual dapat mempertahankan nilai “A” excelent yang diraih pada tahun 2017 lalu dan pada surveillance pertama pada tahun 2018 kemarin. (*Nurrahman/Tim TI*).

 

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tual Kelas II

Jl. Jenderal Soedirman, Ohoijang, Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara - 97610

Telp. : (0916) 23572

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Tual © 2019