You must have the Adobe Flash Player installed to view this player.

DAFTAR ONLINE

accordion menu joomla

Jam Pelayanan

Senin-Kamis 08.00-16.30
Jum'at 08.00-17.00

Informasi Umum

accordion menu jquery

Info Kepegawaian

accordion menu joomla

Program Kerja

accordion menu joomla

Pelayanan Informasi

free accordion joomla menu

Pengaduan

joomla menu not working

Pengawasan dan Pendisiplinan

joomla menu not working

 

TAHAPAN BERPERKARA

 

  1. UPAYA PERDAMAIAN (MEDIASI).
    Pada perkara perceraian, seperti cerai gugat dan  cerai talak, hakim wajib mendamaian kedua belah pihak  berperkara pada setiap kali persidang ( Pasal 56 ayat 2, 65, 82, 83 UU No 7 Tahun 1989.  Dan selanjutnya jika kedua belah pihak hadir dipersidangan  dilanjutkan dengan mediasi  PERMA No 1 Tahun 2008.  Kedua belah pihak bebas memilih Hakim mediator yang tersedia di Pengadilan Agama Pelaihar tanpa dipungut biaya. Apabila terjadi perdamaian, maka perkaranya dicabut oleh Penggugat/Pemohon dan perkara telah selesai. 
    Dalam perkara perdata pada umumnya setiap permulaan sidang, sebelum pemeriksaan perkara, hakim diwajibkan mengusahakan perdamaian antara para pihak berperkara ( Pasal 154 R.Bg),  dan jika tidak damai dilanjutkan dengan mediasi. Dalam mediasi ini para pihak boleh menggunakan hakim mediator yang tersedia di Pengadilan Agama tanpa dipungut biaya, kecuali para pihak menggunakan mediator dari luar yang sudah punya sertikat, maka biayanya seluruhnya ditanggung kedua belah pihak berdasarkan kesepakatan mereka. Apabila terjadi damai, maka dibuatkan akta perdamaian ( Acta Van Verglijk). Akta Perdamaian ini mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan putusan hakim,dan  dapat dieksekusi,  tetapi tidak dapat dimintakan banding, kasasi dan peninjauan kembali. 
    Apabila tidak terjadi damai dalam mediasi, baik perkara perceraian maupun perkara perdata umum, maka proses pemeriksaan perkara dilanjutkan.
  2. PEMBACAAN SURAT GUGATAN PENGGUGAT.
    Sebelum surat gugatan dibacakan, jika perkara perceraian, hakim wajib menyatakan sidang tertutup untuk umum, sementara perkara perdata umum sidangnya selalu terbuka.
     Surat Gugatan Penggugat yang diajukan ke Pengadilan Agama itu dibacakan oleh Penggugat sendiri atau salah seorang majelis hakim, dan sebelum diberikan kesempatan oleh mejelis hakim kepada tergugat memberikan tanggapan/jawabannya, pihak penggugat punya hak untuk mengubah, mencabut atau mempertahankan  isi surat gugatannya tersebut. Abala Penggugat menyatakan tetap tidak ada perubahan dan tambahan dalam gugatannya itu kemudian persidangan dilanjutkan ketahap berikutnya.
  3. JAWABAN TERGUGAT.
    Setelah gugatan dibacakan, kemudian Tergugat diberi kesempatan mengajukan jawabannya, baik ketika sidang hari itu juga atau sidang berikutnya. Jawaban tergugat dapat dilakukan secara tertulis atau lisan ( Pasal 158 ayat (1) R.Bg). Pada tahap jawaban ini, tergugat dapat pula mengajukan eksepsi  (tangkisan)  atau  rekonpensi (gugatan balik). Dan pihak tergugat tidak perlu membayar panjar biaya perkara.
  4. REPLIK PENGGUGAT.
    Setelah Tergugat menyampaikan jawabannya, kemudian si penggugat diberi kesempatan untuk menanggapinya sesuai dengan pendapat penggugat. Pada tahap ini mungkin penggugat tetap mempertahankan gugatannya atau bisa pula merubah sikap dengan membenarkan jawaban/bantahan tergugat.
  5. DUPLIK TERGUGAT.
    Setelah penggugat menyampaikan repliknya, kemudian  tergugat diberi kesempatan untuk menanggapinya/menyampaikan dupliknya. Dalam tahap ini  dapat diulang-ulangi sampai ada titik temu antara penggugat dengan tergugat. Apabila acara jawab menjawab dianggap cukup oleh hakim, dan masih ada hal-hal yang tidak disepakati oleh kedua belah pihak, maka hal ini dilanjutkan dengan acara pembuktian.
  6. PEMBUKTIAN.
    Pada tahap ini, penggugat dan tergugat diberi kesempatan yang sama untuk mengajukan bukti-bukti, baik berupa bukti surat maupun saksi-saksi secara bergantian yang diatur oleh hakim.
  7. KESIMPULAN PARA PIHAK.
    Pada tahap ini, baik penggugat maupun tergugat diberi kesempatan yang sama untuk mengajukan pendapat akhir yang merupakan kesimpulan hasil pemeriksaan selama sidang berlangsung menurut pandangan masing-masing. Kesimpulan yang disampaikan ini dapat berupa lisan dan dapat pula secara tertulis.
  8. MUSYAWARAH MAJELIS HAKIM.
    Rapat Permusyawaratan Majelis Hakim bersifat rahasi ( Pasal 19 ayat (3) UU No. 4 Tahun 2004. Dalam rapat permusyawaratan majelis hakim , semua hakim menyampaikan pertimbangannya atau pendapatnya baik secara lisan maupun tertulis. Jika terdapat perbedaan pendapat, maka diambil suara terbanyak, dan pendapat yang berbeda tersebut dapat dimuat dalam putusan (dissenting opinion). 
  9. PUTUSAN HAKIM.
    Setelah selesai musyawarah majelis hakim, sesuai dengan jadwal sidang, pada tahap ini dibacakan putusan majelis hakim.  Setelah dibacakan putusan tersebut, penggugat dan tergugat berhak mengajukan upaya hukum banding dalam tenggang waktu 14 hari setelah putusan diucapkan. Apabila  penggugat/ tergugat tidak hadir saat dibacakan putusan, maka Juru Sita Pengadilan Agama akan menyampaikan isi/amar putusan itu kepada pihak yang tidak hadir, dan putusan baru berkekuatan hukum tetap setelah 14 hari amar putusan diterima oleh pihak yang tidak hadir itu.

Catatan:

Perkara Cerai Talak masih ada Sidang lanjutan yaitu sidang pengucapan Ikrar Talak, dan ini dilakukan setelah putusan Berkekuatan Hukum Tetap (BHT). Kedua belah pihak akan dipanggil lagi ke alamatnya untuk menghadiri sidang tersebut.

 

INFORMASI BUKU REGISTER PERKARA PENGADILAN AGAMA TUAL

 

 

Buku Register Perkara di Pengadilan Agama Pasuruan terdiri dari :

  1. Register Induk Perkara Gugatan (RI-PA 1G)

  2. Register Induk Perkara Permohonan (RI-PA 1P)

  3. Register Permohonan Banding (RI-PA2)

  4. Register Permohonan Kasasi (RI-PA3)

  5. Register Permohonan Peninjauan Kembali (RI-PA4)

  6. Register Penyitaan Barang Bergerak (RI-PA5)

  7. Register Penyitaan Barang Tidak Bergerak (RI-PA6)

  8. Register Surat Kuasa Khusus (RI-PA7)

  9. Register Eksekusi (RI-PA8)

10. Register Akta Cerai (RI-PA9)

11. Register P3HP (RI-PA11)

12. Register Perkara Ekonomi Syari’ah (RI-PA12)

13. Register Istbat Rukyat Hilal (RI-PA13)

14. Register Eksekusi Putusan Arbitrase Syari’ah (RI-PA14)

15. Register Mediasi (RI-PA15)

16. Register Mediator (RI-PA16)

 

 

PUTUSAN MAJELIS KEHORMATAN HAKIM

 

 

Tidak ada hakim di Pengadilan Agama Tual yang diajukan ke Majelis Kehormatan Hakim

PA TUAL SELENGGARAKAN UPACARA BENDERA

HARI SUMPAH PEMUDA KE-90

 

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 oleh segenap Aparatur Pengadilan Agama Tual.

 

Senin (29/10/2018) PA Tual melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90. Pelaksanaan upacara bendera kali ini dipimpin langsung oleh Ketua PA Tual, Dahron, S.Ag.,M.S.I. yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Pelaksanaan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 ini berdasarkan surat Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 1325/SEK/HM.01.2/10/2018, tertanggal 25 Oktober 2018 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018.

Read more ...

 PENGAWASAN REGULER PTA AMBON SEMESTER II DI PA TUAL

 

 

 Pemaparan Hasil Ekspose oleh Tim HATIBINWASDA PTA Ambon.

 

PTA Ambon melakukan pengawasan rutin/reguler semester II pada tahun 2018. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan setelah terakhir dilakukan pada April 2018 kemarin. Kegiatan Pengawasan reguler HATIBINWASDA PTA Ambon ini sesuai surat tugas dari Ketua PTA Ambon Nomor: W24-A/848/PS.01/X/2018, tertanggal 17 Oktober 2018.

Pengawasan dan Pembinaan pada semester II ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari pada tanggal 21 Oktober 2018 s/d 23 Oktober 2018. Proses pengawasan dilakukan langsung di ruangan kerja pada masing-masing bagian, baik pada bagian kepaniteraan maupun bagian kesekretariatan. Sedangkan kegiatan ekspose hasil pengawasan dan pembinaan difokuskan di ruang sidang utama PA Tual.

 

Read more ...

PA TUAL LEPAS HAKIM DAN PEGAWAI YANG MUTASI DAN PURNA BHAKTI

 

Foto bersama Ketua PA Tual Dahron, S.Ag., M.Si., Ketua PN Tual Ali Mudiat, SH., MH.,  dan Wakil Ketua PN Tual Dilli Timora Andi Gunawan, SH., MH., dengan Hakim dan Pegawai PA Tual yang Mutasi maupun Purna Bhakti.

 

Jumat (19/10/2018), PA Tual mengadakan acara lepas pisah/pengantar tugas dan purnabhakti pegawai PA Tual. Acara yang dilaksanakan selepas sholat maghrib ini diikuti oleh seluruh aparatur PA Tual dan difokuskan pelaksanaannya di ruang sidang utama PA Tual serta diikuti seluruh Hakim dan Pegawai PA Tual, termasuk Hakim/Pegawai yang akan mutasi keluar dan purnabhakti.

Adapun ada 3 orang Hakim yang mutasi dan 7 orang Pegawai yang mutasi serta 1 orang pegawai yang telah mencapai masa pensiun. Hakim PA Tual yang mutasi yakni Syarifa Saimima, S.H.I., mutasi menjadi Hakim PA Namlea wilayah PTA Ambon, Wawan Jamal, S.H.I., mutasi menjadi Hakim PA Malili wilayah PTA Makasar, Nengah A. Nurkhalish, S.E.I., mutasi menjadi Hakim PA Boroko wilayah PTA Manado.

Read more ...

Page 1 of 5

Foto Pimpinan & Hakim

enarid

Foto Kepaniteraan

Foto Kesekretariatan

Pencarian Konten

Link Terkait

Mahkamah_Agung

Badilag

Legislasi


Bagaimana Penilaian Anda tentang Pelayanan Publik di Pengadilan Agama Tual?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:
 
Powered by Sexy Polling
 

Statistik Pengunjung

075930
Hari Ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu Lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total Penggunjung
131
121
645
73961
3272
3871
75930

Your IP: 54.167.18.170
2018-11-21 15:08

Pengunjung Online

We have 75 guests and no members online

Lokasi Pengadilan Agama Tual