Closing Meeting Asesmen Surveillance Pertama APM Tahun 2018

Foto bersama Ketua, Hakim & Panitera PA Tual dengan Ketua, Wakil Ketua & Sekretaris, serta Tim Asesor dari PTA Ambon setelah ceremonial closing meeting.

 

Jumat (16/11/2018) dilaksanakan Closing Meeting Asesmen Surveillance Pertama yang difokuskan pelaksanaannya di ruang sidang utama PA Tual. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Hakim dan Pegawai PA Tual. Closing Meeting ini di awali sambutan Ketua PA Tual, Ketua TPM PA Tual dan ditutup oleh Wakil Ketua PTA Ambon yang juga turut serta dalam rombongan tim asesmen surveillance pertama. Dalam closing meeting ini dipaparkan hasil asesmen yang telah dilakukan Tim Assesor PTA Ambon dan dilanjutkan dengan Pembinaan oleh Wakil Ketua PTA Ambon.

 

Prakata Ketua APM PA Tual, Adam Malik B., S.H.I, dalam Closing Meeting Asesmen Surveillance Pertama PA Tual.

 

Dalam sambutannya, Ketua PA Tual, Dahron, S.Ag.,M.S.I. mengatakan bahwa “Terima kasih atas masukan, kritikan dan penilaiannya selama melakukan asesmen kali ini, jika ada kurangnya akan kami perbaiki”, ujarnya.

Ketua TPM PA Tual dalam sambutannya mengatakan bahwa “Perlu adanya perhatian untuk dokumen yang masih kurang dan setelah kegiatan ini  usai akan ada pembicaraan khusus untuk menindaklanjuti kekurangan-kekurangan tersebut”, ujarnya. 

Asesmen yang telah dilakukan Tim Asesor PTA Ambon dilakukan secara komprehensif dari bidang ke bidang dengan melihat dokumen dan realiasi yang ada berdasarkan Pedoman APM Badilag yang telah ditetapkan oleh Dirjen Badilag Nomor 2918/DJA/OT.01.3/10/2018, tanggal 24 Oktober 2018.

 

 

 Prakata Wakil Ketua PTA Ambon, Drs. M. Shaleh, M.Hum.

 

Dalam sambutannya, Wakil Ketua PTA Ambon memberikan pengarahan dan pembinaan terkait dengan Akreditasi Penjaminan Mutu yang sedang berjalan di peradilan agama. Wakil Ketua PTA Ambon, Drs. M. Shaleh, M.Hum mengatakan bahwa “Pelaksanaan APM tidak bisa dipisahkan dengan reformasi birokrasi, karena reformasi birokrasi merupakan usaha mengubah dan menata ulang administrasi, yang mencakup peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, birokrasi yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik, sehingga dapat membangun birokrasi yang BERSAHABAT (Bersih, Sejuk, Amanah, Bermartabat)”, ujar beliau.

 

Ramah tamah bersama Tim Asesor PTA Ambon di Ruang Ketua PA Tual.

 

Setelah memberikan pengarahan dan pembinaan, Wakil Ketua PTA Ambon menutup kegiatan Asesmen Surveillance Pertama PA Tual Tahun 2018.

Semoga nilai “A” excelent yang telah di raih oleh PA Tual pada tahun 2017 kemarin akan tetap dipertahankan dalam surveillance pertama APM tahun 2018 ini. Sehingga akan terwujud PA Tual sebagai badan peradilan yang agung. *Nurrahman*