logo namlea

Portal Pengadilan Agama Tual

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tual, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Tual

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Zona Integritas

Pencanangan pembangunan Zona Integritas dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik
Zona Integritas

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tual Kelas II (www.pa-tual.go.id), sebagai media informasi dan transparansi pada Peradilan Agama di Maluku   -   Keluarga besar Pengadilan Agama Tual mengucapkan : "Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Sdr. Drs. Akhiru, S.H. (Hakim Pengadilan Agama Ambon Kelas I A).

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Selengkapnya

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Selengkapnya

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Selengkapnya

Jumat kemarin (25/01/2013), isteri-isteri pegawai dan pegawai wanita PA Tual yang tergabung dalam Majelis Ta’lim Al-Mizan melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kantor PA Tual yang dihadiri oleh Ketua PA Tual, Wakil Ketua PA Tual, para hakim dan semua keluarga besar PA Tual.

Dalam sambutan singkatnya, KPA Tual Drs. H. Tamat Zaifuddin, MH mengatakan bahwa Peringatan Maulid Nabi harus memiliki tujuan karena jika hanya memperingati tanpa memiliki tujuan maka peringatan ini akan menjadi suatu perbuatan yang sia-sia. Tujuan memperingati Maulid adalah  melestarikan setiap nilai-nilai kebijaksanaan, keteladanan dan kepemimpinan yang ada dalam kepribadian Rasulullah SAW yang patut kita teladani, tambah beliau.

Beliaupun memberikan satu contoh kecil perubahan setelah memperingati Maulid yakni adanya perubahan bagi setiap indifidu. Jika sebelumnya sholat yang dikerjakan masih malas-malasan maka dengan memperingati maulid sholatnya harus disempurnakan. Sedangkan bagi ibu-ibu yang belum berhijab maka dengan peringatan maulid Nabi mulai belajar untuk berhijab dengan benar.

Hikmah peringatan Maulid Nabi disampaikan oleh Burhanuddin Manilet, S.Ag, saat ini menjabat sebagai salah satu hakim PA Tual. Ceramah singkat namun padat berisi dengan penggunaan bahasa yang sederhana membuat para jamaah yang hadir memahami hikmah yang disampaikan oleh penceramah.

Barzanji kemudian dibawakan oleh ibu-ibu Majelis Ta’lim Al-Mihzam yang berisi syair-syair perjalanan hidup Rasulullah SAW semenjak beliau dilahirkan maupun setiap perjuangan beliau. Syair-syair dibawakan dengan lantunan nada-nada yang merdu dan sesekali diiringi dengan tabuhan rebana membuat peringatan ini semakin terasa kekhususannya.

Kami membagi setiap bacaan atau rawi kepada setiap anggota Majelis tanpa kecuali sedangkan waktu latihannya kami sesuaikan dengan jadwal kami di kantor. Apabila tidak ada lagi kerjaan yang berhubungan dengan tupoksi maka kami manfaatkan waktu tersebut buat latihan dan ini berlangsung sekitar tiga hari, tutur Rugaya Raharusun, SHI selaku Ketua Seksi Acara dalam Perayaan Maulid Nabi tahun ini kepada reporter TI.

Suasana semakin terasa akrab saat makan bersama dilaksanakan sebagai penutup dalam acara ini. Tampak berbagai takzil dengan warna-warna menarik disediakan oleh ibu-ibu Majelis Ta’lim dan donasi dari para Pimpinan dan Hakim PA Tual. Semoga semangat Maulid Nabi Muhammad SAW selalu kita pelihara dan laksanakan dalam kehidupan rumah tangga, kehidupan bermasyarakat, dan kedinasan. (Rosita Pelu/Tim TI)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tual Kelas II

Jl. Jenderal Soedirman, Ohoijang, Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara - 97610

Telp. : (0916) 23572

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Tual © 2019