logo namlea

Portal Pengadilan Agama Tual

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tual, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Tual

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Zona Integritas

Pencanangan pembangunan Zona Integritas dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik
Zona Integritas

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tual Kelas II (www.pa-tual.go.id), sebagai media informasi dan transparansi pada Peradilan Agama di Maluku   -   Keluarga besar Pengadilan Agama Tual mengucapkan : "Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Sdr. Drs. Akhiru, S.H. (Hakim Pengadilan Agama Ambon Kelas I A).

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Selengkapnya

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Selengkapnya

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Selengkapnya

 

Dalam pemaparannya, Admin SIADPA PA Tual mengatakan bahwa secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa SIADPA telah diaplikasikan oleh setiap lini di PA Tual yang bekerja berdasarkan Pola Bindalmin.

Evaluasi dipaparkan secara singkat oleh Admin SIADPA dan terlihat berkembang saat sesi tanya jawab, tanggapan dan saran dibuka kepada semua User SIADAPA PA Tual. Dalam sesi ini ditemukan adanya beberapa kendala sehingga Implementasi SIADPA PA Tual belum optimal antara lain : ditemukannya beberapa perbedaan redaksi dalam gugatan, BAP maupun Putusan antara blanko yang disediakan dalam SIADPA dengan berkas manual.

Kurangnya koordinasi antara User dan Admin SIADPA jika terjadi kesalahan dalam mengupload data awal maupun BAP sehingga akan berpengaruh terhadap kevalidan data tersebut dalam database SIADPA PA Tual maupun  info perkara badilag.net.

Blanko BAP yang terlalu bervariatif sehingga menyulitkan para Panitera Pengganti dalam memilih blanko yang sesuai dengan kebutuhan perkara PA Tual, untuk itu perlu disederhanakan oleh Admin maupun operator Siadpa PA Tual.

Fasilitas TI yang belum memadai juga merupakan kendala dalam Implementasi SIADPA PA Tual seperti jenis Wireless yang digunakan adalah Wireless Router bukan jenis Acces Poin sehingga fungsi Wireless router tersebut terbatas untuk menjembatani jalannya data saja dan tidak dapat menghubungkan setiap perangkat komputer dalam jaringan tersebut seperti tidak bisa mengakses sharing aplikasi siadpa melalui wireless, selama ini masih hanya melalui kabel UTP. Seringnya gangguan internet juga merupakan kendala yang dihadapi para Admin maupun User, ungkap Hendra Cipta, A.Md selaku Operator SIADPA Plus dalam mengupdate informasi ke website PA Tual ataupun beberapa aplikasi online dari Badilag dan MARI.

Solusi atas setiap permasalahan yang dikemukakan dicapai dalam forum ini dan menghasilkan beberapa kesepakatan antara lain : perlu diaktifkan kembali Diklat di Tempat Kerja (DDTK) Implementasi SIADPA PA Tual yang dijadwalkan secara berkala untuk masing-masing User sehingga permasalahan menyangkut redaksi maupun pemilihan blanko dapat dibicarakan secara spesifik dan dicari solusi terbaik.

Koordinasi antara para Tim SIADPA maupun antar Admin dan User perlu ditingkatkan dengan adanya komunikasi yang baik sehingga kesalahan-kesalahan dalam penginputan data maupun ketidakvalidan data dapat diminimalisir bahkan dihilangkan. Sedangkan fasilitas yang belum memadai akan diusahakan untuk dilengkapi agar Implementasi SIADPA PA Tual dapat berjalan optimal sehingga tujuan diluncurkannya aplikasi ini dapat tercapai, tutur KPA Tual Drs. H. Tamat Zaifuddin, MH diakhir evaluasi. (Rosita Pelu/Tim TI)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tual Kelas II

Jl. Jenderal Soedirman, Ohoijang, Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara - 97610

Telp. : (0916) 23572

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Tual © 2019