Informasi Umum

Informasi Keuangan

Info Kepegawaian

Program Kerja

Pelayanan Informasi

Pengaduan

Pengawasan dan Pendisiplinan

  • Published: Thursday, 28 August 2014 06:30
  • Hits: 822

Jangan Pakai Manejemem “ Bakul Sate”,
Ungkap H. Basuni, SH.,MH.(HAKIM TINGGI PTA AMBON)


Sudah menjadi hal biasa jika ekspose dilakukan setelah Tim HATIBINWASADA PTA Ambon selesai melakukan pengawasan. Jumat (8/8/2014) lalu, PA Tual menggelar ekspose hasil pengawasan HATIBINWASDA PTA Ambon.

Ekspose dipimpin oleh Wakil Ketua PA Tual Drs. H. Hamin Latukau , dihadiri para pengawas dan diikuti oleh seluruh pegawai PA Tual. Dalam sambutannya H. Basuni, SH, MH, selaku ketua Tim mengatakan bahwa hasil pengawasan yang akan kami sampaikan wajib menjadi catatan untuk dapat memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Manajemen yang harus dianut oleh suatu instansi/organisasi adalah POAC (planning, organizing, actuating, Controling) sehingga suatu organisasi dapat berjalan dengan baik, sebaliknya jika POAC tidak dilaksanakan dengan baik maka organisasipun tidak akan berjalan baik, jelas beliau lebih lanjut.

Kantor harus memiliki tatanan, jangan jadikan manajemen bakul sate, dimana yang punya sate hrs mempersiapkan proses pembuatan sate mulai dari beli daging sampai dijual kepada pembeli. Jika manajemen seperti ini di terapkan di kantor maka akan terjadi miss komunikasi, tegas beliau. Beliaupun mencontohkan apa yang beliau jelaskan, panitera pengganti harus mau dibimbing oleh hakim jika BAP yang dibuatnya salah, bukan hakim yang mengikuti panitera pengganti. Bukan hakim yang bersidang, membuat BAP lalu membuat putusan tetapi pekerjaan harus dibagi bagi sesuai tupoksi setiap personil. Beliaupun mengingatkan bahwa manajemen yang diterapkan haruslah sesuai aturan.

Bidang manajemen peradilan, administrasi perkara dan administrasi persidangan hasil pengawasannya dibahas terlebih dahulu dan disampaikan oleh Ketua Tim. Secara umum dapat dikatakan hasilnya cukup baik, tetapi perlu diingat bahwa putusan yang dibuat oleh majelis hakim haruslah memenuhi asas keadilan sehingga para pihak tidak dirugikan, tutur beliau. Pada saat putusan dibacakan diusahakan sudah dalam bentuk net, tidak dalam bentuk konsep, sehingga para pihak tidak lagi bolak balik hanya untuk mengambil putusan.

Selanjutnya, hasil pengawasan bidang administrasi umum dijelaskan oleh H. Muhammad Ali B, S. Ag. Alhamdulilah secara umum semua telah berjalan baik karena hasil temuan bulan April sebelumnya telah ditindak lanjuti tetapi ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan lagi sehingga kedepannya hasil pekerjaan kalian lebih baik lagi, ungkap beliau.

Bagian TI juga mendapat beberapa catatan dari Anang Ma’ruf, S. Kom agar dalam penilaian Tim lomba program prioritas Badilag, Website PA Tual dapat menjadi salah satu pemenangnya.

Lokasi Pengadilan Agama Tual