Informasi Umum

Informasi Keuangan

Info Kepegawaian

Program Kerja

Pelayanan Informasi

Pengaduan

Pengawasan dan Pendisiplinan

EKSPOSE HASIL PENGAWASAN
TIM BINWAS PTA AMBON DI PA TUAL


Setelah melakukan pemeriksaan selama tiga hari di PA Tual akhirnya Tim Binwas PTA Ambon menggelar ekspose hasil pembinaan dan pengawasan pada Jumat (10/05/2013), pukul 14.30 WIT diruang rapat PA Tual.

Temuan pada masing-masing bidang yang menjadi area pemeriksaan Tim Binwas PTA Ambon dipaparkan oleh Ketua Tim, Drs. Kamil Umar Esa, SH dan anggotanya. Bidang Administrasi Persidangan di PA Tual secara keseluruhan telah berjalan sesuai dengan Buku II Pola Bindalmin, adapun sedikit koreksi hanya pada salah satu perkara yang lupa dicantumkan penambahan panjar biaya perkara pada Buku Jurnal Keuangan Perkara, tetapi kelalaian tersebut telah diperbaiki oleh Kasir sebelum ekspose dilaksanakan, ungkap Drs. Hambali Barmula, SH.

Berbeda dengan Muhammad Ali. B, S. Ag, salah satu anggota Tim Binwas yang bertugas memaparkan hasil pemeriksaan bidang Administrasi Umum yang mencakup : Bidang Kepegawaian, Bidang Umum, Bidang Keuangan, Pengadaan barang dan jasa, Laporan SIMAK BMN dan Persediaan. Menurut beliau banyak sekali hal-hal yang perlu dibenahi agar administrasi umum dapat berjalan dengan baik di PA Tual. Kesalahan yang dapat diperbaiki, telah kami perintahkan untuk diperbaiki sebelum dilaksanakannya ekspose dan telah kami periksa. Sebaliknya untuk temuan yang perbaikannya butuh waktu maka harus segera ditindaklanjuti karena hasil perbaikannya akan kami monitoring.

Bidang Manajemen dan Kinerja Pelayanan Publik, maupun Program Prioritas di PA Tual telah berjalan dengan baik, ucap Ketua Tim Binwas saat memaparkan hasil pemeriksaan. Beliau cukup puas saat mengetahui tidak ada toleransi keterlambatan untuk siapapun termasuk pimpinan PA Tual. Hal ini dibuktikan dengan absensi yang dibatasi garis merah  sampai pukul 08.00 WIT. Ini menandakan bahwa aturan telah dijalankan dan tanpa pandang bulu.

Hakim Tinggi asal Palembang ini juga sangat antusias dengan ruang arsip perkara PA Tual yang belum memenuhi standar sebuah ruangan arsip profesional. Ruangan arsip perkara merupakan ruangan yang sangat penting karena merupakan tempat disimpannya harta kekayaan PA Tual berupa produk akhir dari perjalanan suatu perkara dan merupakan dokumen otentik. Oleh karena itu, perlu pengetahuan khusus dalam pengelolaannya, solusi yang beliau tawarkan adalah Panmud Hukum harus berani mengusulkan kepada KPA Tual agar dilakukan studi banding seputar pengelolaan dan penataan arsip perkara di PA Kota Malang sehingga pengetahuan tersebut dapat diaplikasikan PA Tual saat memasuki Kantor baru kelak.

Wakil Ketua PTA Ambon DR. H. A. Mukti Arto, SH, M.Hum selaku koordinator Tim mengatakan bahwa beliau cukup puas dengan hasil kerja PA Tual selama ini dan mengharapkan agar lebih ditingkatkan sehingga kedepannya harus lebih baik lagi. Ekspose diakhiri dengan ucapan syukur dan aplous dari semua peserta karena pemeriksaan selama tiga hari telah berjalan dengan lancar dan ekspose telah dilaksanakan. (Rosita Pelu/Tim TI)

Lokasi Pengadilan Agama Tual