Informasi Umum

Informasi Keuangan

Info Kepegawaian

Program Kerja

Pelayanan Informasi

Pengaduan

Pengawasan dan Pendisiplinan

PROSES PENGAWASAN DAN PEMBINAAN
TIM BINWAS  PTA AMBON DI PA TUAL


Apel pagi baru selesai dilaksanakan oleh seluruh aparatur PA Tual pada pukul 08.05 WIT tetapi kesibukan telah terlihat disetiap ruangan kesekretariatan dan kepaniteraan PA Tual. Kesibukan ini sehubungan dengan pembinaan dan pengawasan yang dilakukan Tim Binwas PTA Ambon pada Rabu (08/05/2013).

Pembinaan dan pengawasan yang dilakukan Tim meliputi semua area yang menjadi substansi Pembinaan dan Pengawasan, antara lain Manajemen dan Kinerja Pelayanan Publik, Administrasi Perkara, Administrasi Persidangan, Administrasi Umum (Bidang Kepegawaian, Bidang Umum, Bidang Keuangan, Pengadaan barang dan jasa, Laporan SIMAK BMN dan Persediaan, Akuntabilitas Kinerja) dan Program Prioritas.

Drs. Kamil Umar Esa, selaku Ketua Tim Binwas dengan ciri khas beliau yang selalu bersemangat, melakukan pengawasan dengan dua cara yakni teknik pemeriksaan data manual maupun melalui wawancara. Tidak hanya Kepala urusan dan Panmud beserta stafnya yang diwawancarai tetapi pimpinan PA Tual seperti Wakil Ketua Drs. H. Hamin Latukau juga mendapat bagian yang sama. Walaupun dilakukan secara santai tetapi pembinaan seputar tugas Wakil Ketua dijelaskan dan dipaparkan oleh Drs. Kamil Umar Esa setelah melihat Job Discription Wakil Ketua PA Tual yang diserahkan oleh divisi kepegawaian.

Divisi Kepegawaian yang terdiri dari M. Ali Hanafi Lakesmas, SH selaku Kepala Urusan dan kedua stafnya Rosita Pelu, SH dan La Ode Abd Rusmin, SH mendapat kunjungan dari anggota Binwas M. Ali. B, S.Ag. Beliau melakukan pemeriksaan mendetail untuk setiap komponen di bagian kepegawaian dengan durasi waktu sekitar lima jam untuk tahap pertama dan dilanjutkan setelah makan siang usai.


Drs. Hambali Barmula, SH mendapat bagian mengunjungi divisi kepaniteraan, khususnya Petugas Register, Kasir dan Penulis Buku Induk Keuangan Perkara. Beliau memeriksa secara mendetail administrasi persidangan, apakah penulisan di dalam setiap buku/jurnal telah sesuai Pola Bindalmin dan didukung oleh bukti transaksi atau tidak. Durasi waktu yang dibutuhkan kurang lebih sekitar tiga jam pemeriksaan.

Divisi Umum dan Keuangan baru dikunjungi Tim Binwas sekitar pukul 14. 30, keterlambatan ini disebabkan kedatangan salah satu Tim Binwas, Didik Agus Susanto dari BPKP yang baru tiba di bandara Duma Tubun Tual pada pukul 14.00 WIT. Divisi tersebut kemudian mendapat pemeriksaan selama tiga jam oleh Drs. Kamil Umar Esa, M. Ali. B. S. Ag dan Didik Agus Susanto. Keesokan harinya Kamis (09/05/2013), walaupun bertepatan dengan hari libur nasional Tim Binwas untuk bagian keuangan dan umum kembali melanjutkan pemeriksaan dari pukul 09.00 WIT dan selesai tepat pada pukul 13.00 WIT.

Setiap temuan di bidang Administrasi Perkara, Administrasi Persidangan dan Administrasi Umum diperintahkan oleh Tim untuk segera diperbaiki dan akan diperiksa sesaat sebelum  ekspose hasil pengawasan dilakukan pada Jumat (10/05/2013). Semua proses Binwas yang dilakukan oleh Tim selama dua hari menunjukan betapa serius perhatian PTA Ambon untuk menjadikan setiap Pengadilan Agama dalam wilayah yurisdiksinya menjadi lebih baik disetiap aspek. Semoga apa yang menjadi tujuan Pembinaan dan pengawasan Tim Binwas dapat tercapai di PA Tual. (Rosita Pelu/Tim TI)

Lokasi Pengadilan Agama Tual