Informasi Umum

Informasi Keuangan

Info Kepegawaian

Program Kerja

Pelayanan Informasi

Pengaduan

Pengawasan dan Pendisiplinan

KEDATANGAN TIM BINWAS PTA AMBON  KE PA TUAL


Selasa (07/05/2013), saat jarum jam menunjukan pukul 14.30, rombongan Tim Pembinaan dan Pengawasan PTA Ambon yang dikoordinir Wakil Ketua PTA Ambon DR. H. A. Mukti Arto, SH, M.Hum tiba di PA Tual. Kunjungan ini terkait dengan tugas pokok dan fungsi PTA Ambon dalam melakukan Pembinaan dan Pengawasan terhadap penyelenggaraan administrasi perkara dan administrasi umum pada Pengadilan Agama dibawah pengawasan PTA Ambon.

Tim Binwas terdiri dari Drs. Kamil Umar Esa, selaku Ketua (saat ini menjabat sebagai Hakim Tinggi PTA Ambon) dan beranggotakan Drs. Hambali Barmula, SH dan Muhammad Ali. B, S. Ag. Tidak tampak ekspresi penat di wajah para Tim Binwas padahal perjalanan yang ditempuh untuk sampai ke PA Tual cukup melelahkan yakni harus menempuh perjalanan darat sekitar 45 KM dari Kota Ambon menuju Bandara Pattimura kemudian melakukan perjalanan udara dengan pesawat sekitar satu jam dua puluh menit untuk sampai di Kota PA Tual. Rehat hanya berlaku bagi Tim untuk makan siang kemudian perjalanan dilanjutkan ke Kantor PA Tual.

Pada dasarnya kedatangan Tim Binwas tidak untuk mencari cari kesalahan aparatur PA Tual  tetapi bertujuan membuat Pengadilan Agama menjadi lebih baik, ucap DR. H. A. Mukti Arto, SH, M.Hum mengawali sambutannya di ruang rapat PA Tual. Selanjutnya beliau memaparkan secara singkat sejarah Pengadilan Agama dari jaman penjajahan sampai jaman kemerdekaan yang tidak lepas dari berbagai tantangan dan perjuangan para pemimpinnya. Untuk sampai dikondisi seperti sekarang, dimana Pengadilan Agama telah sejajar dengan peradilan lainnya merupakan hasil perjuangan yang tiada henti dari para pemimpin kita, oleh karena itu perlu kita syukuri dengan jalan berjuang dimanapun posisi anda berada, terutama dalam pekerjaan kita, tandas beliau.

Kunjungan Tim Binwas ke PA Tual merupakan kunjungan pertama diantara tiga Pengadilan Agama yang berada di wilayah yurisdiksi PTA Ambon. Oleh karena itu beliau mengharapkan agar hasil yang diperoleh di PA Tual bisa seratus persen baik sehingga grafik Binwas untuk PA Tual juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Pembinaan dan Pengawasan baru dapat dilakukan Tim esok hari dan akan berakhir sampai Jumat mendatang (10/05/2013). Untuk itu KPA Tual Drs. Tamat Zaifudin, MH memerintahkan agar setiap divisi baik kepaniteraan maupun kesekretariatan segera mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan pemeriksaan sehingga proses pembinaan dan pengawasan dapat berjalan dengan baik. Semoga PA Tual dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya dari kunjungan para Tim Binwas sehingga kedepannya PA Tual dapat menjadi salah satu Pengadilan Agama yang menjadi Role Model untuk Indonesia Bagian Timur. (Rosita Pelu, Tim TI)

Lokasi Pengadilan Agama Tual