Informasi Umum

Informasi Keuangan

Info Kepegawaian

Program Kerja

Pelayanan Informasi

Pengaduan

Pengawasan dan Pendisiplinan

  • Category: Rock berita
  • Published: Thursday, 29 November 2012 00:21
  • Written by Mr. Lee
  • Hits: 6779

Tim BPKP Provinsi Maluku Gelar Sosialisasi
Sistem Pengendalian Intern Pemerintah di PA Tual


A. Bror Umar saat memberikan pengarahan sosialisasi sistem pengendalian intern pemerintah

Untuk mendukung terwujudnya good governance dalam penyelenggaraan pemerintahan,  pengelolaan keuangan Negara perlu diselenggarakan secara profesional, terbuka dan bertanggung jawab, ucap A. Bror Umar selaku nara sumber dalam sosialisasi SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) di PA Tual Selasa kemarin (27/11/2012).

 

Sosialisasi SPIP merupakan salah satu agenda kegiatan yang dilakukan oleh Tim pendamping BPKP Provinsi Maluku disela-sela tugas mereka sebagai pendamping penyusunan laporan keuangan di PA Tual. Sosialisasi diikuti oleh KPA Tual Drs. Tamat Zaifuddin, MH, para hakim serta semua unsur pimpinan dan seluruh pegawai PA Tual.

Penyampaian materi SPIP yang lugas dan komprehensif dari nara sumber memberikan dampak yang cukup baik bagi semua audiens dalam menyerap materi. SPIP merupakan salah satu bentuk terobosan yang dilakukan pemerintah atas lemahnya sistem pengendalian intern yang selama ini dilaksanakan, menyebabkan munculnya beberapa isu nasional, salah satunya adalah korupsi dan pengelolaan keuangan Negara yang tidak tertib.

Jika SPIP telah dilaksanakan pada tahun 2013 mendatang maka SPIP berfungsi sebagai alarm yang akan berbunyi jika merespon adanya tanda-tanda penyelewengan dalam pengelolaan keuangan sehingga penyelewengan tersebut dapat dicegah, ujar nara sumber. SPIP penting diterapkan untuk semua instansi karena kedepan audit BPK akan mengacu kepada SPIP instansi tersebut.

Beliaupun menegaskan bahwa saat ini kita perlu merubah pola pikir (mainset) yang menganut paham bahwa rakyat adalah bawahan kita menjadi pola pikir (mainset) bahwa rakyat adalah atasan/Bos sehingga setiap pengelolaan keuangan Negara dapat dipertanggung jawabkan kepada rakyat.

Mahkamah Agung merupakan lembaga independen non departemen walaupun memiliki fungsi yang berbeda dengan lembaga-lembaga pemerintah tetapi dalam urusan pengelolaan keuangan Negara memiliki visi yang sama dan tidak terpisah dengan pemerintah, saya sangat menghargai hal tersebut, tambah beliau.

Diakhir sosialisasi beliau memberikan pesan moral bahwa setiap pegawai tanpa kecuali wajib melaksanakan pakta integritas sebagai langkah awal bentuk penciptaan lingkungan yang baik bagi pengendalian intern. Langkah selanjutnya yang beliau sarankan kepada KPA Tual adalah perlu dibentuknya satgas SPIP sebagai pengawas jalannya SPIP di lingkungan PA Tual.

Apresiasi KPA Tual sangat baik terhadap sosialisasi ini, ditandai dengan dijadwalkannya rapat untuk keesokan harinya guna memasukan hal-hal yang berkaitan dengan SPIP dalam penyusunan program  kerja tahun 2013 mendatang sehingga pelaksanaannya sudah dapat dilaksanakan pada tahun depan. Semoga SPIP dapat menjadi media kontrol dalam pengelolaan keuangan Negara yang professional, transparan, dan akuntabel. (Rosita Pelu/Tim TI)


Lokasi Pengadilan Agama Tual