logo namlea

Portal Pengadilan Agama Tual

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tual, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Tual

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Zona Integritas

Pencanangan pembangunan Zona Integritas dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik
Zona Integritas

11 APLIKASI INOVASI

11 Aplikasi Inovasi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama
11 APLIKASI INOVASI

MOTTO PENGADILAN AGAMA TUAL

Motto Pengadilan Agama Tual "M A N T A P P"..
MOTTO PENGADILAN AGAMA TUAL

 

Statistik Perkara Direktori Putusan Jadwal sidang Biaya sidang E Corut Gugatan Mandiri
Merupakan Statistik Perkara yang ditangani Pengadilan Agama Tual Publikasi Putusan sebagai bentuk keterbukaan infromasi dan layanan untuk mengakses putusan pengadilan Pengadilan Agama Tual memberikan kemudahan dalam mengakses informasi jadwal sidang Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berpekara dalam proses penyelesaian perkara Merupakan layanan pengadilan berbasis elektronik yang memudahkan pihak untuk mendapatkan layanan berperkara Aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk melakukan gugatan mandiri tanpa ada jasa siapapun

 

 

 

 

Zona Integritas

Area 1 Area 2 Area 3 Area 4 Area 5 Area 6

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tual Kelas II (www.pa-tual.go.id), sebagai media informasi dan transparansi pada Peradilan Agama di Maluku   -   Keluarga Besar Pengadilan Agama Tual Mengucapkan : Selamat dan Sukses atas Dilantiknya Bapak SAMSUDIN DJAKI, SH. sebagai KETUA PENGADILAN AGAMA TUAL, Semoga Amanah dan diberikan kemudahan dalam mengemban tugasnya.

 

Ikm dan Ipk

 

Hak hak Perempuan

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Selengkapnya

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Selengkapnya

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Selengkapnya

 

Ekspose dipimpin oleh Wakil Ketua PA Tual Drs. H. Hamin Latukau , dihadiri para pengawas dan diikuti oleh seluruh pegawai PA Tual. Dalam sambutannya H. Basuni, SH, MH, selaku ketua Tim mengatakan bahwa hasil pengawasan yang akan kami sampaikan wajib menjadi catatan untuk dapat memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Manajemen yang harus dianut oleh suatu instansi/organisasi adalah POAC (planning, organizing, actuating, Controling) sehingga suatu organisasi dapat berjalan dengan baik, sebaliknya jika POAC tidak dilaksanakan dengan baik maka organisasipun tidak akan berjalan baik, jelas beliau lebih lanjut.

Kantor harus memiliki tatanan, jangan jadikan manajemen bakul sate, dimana yang punya sate hrs mempersiapkan proses pembuatan sate mulai dari beli daging sampai dijual kepada pembeli. Jika manajemen seperti ini di terapkan di kantor maka akan terjadi miss komunikasi, tegas beliau. Beliaupun mencontohkan apa yang beliau jelaskan, panitera pengganti harus mau dibimbing oleh hakim jika BAP yang dibuatnya salah, bukan hakim yang mengikuti panitera pengganti. Bukan hakim yang bersidang, membuat BAP lalu membuat putusan tetapi pekerjaan harus dibagi bagi sesuai tupoksi setiap personil. Beliaupun mengingatkan bahwa manajemen yang diterapkan haruslah sesuai aturan.

Bidang manajemen peradilan, administrasi perkara dan administrasi persidangan hasil pengawasannya dibahas terlebih dahulu dan disampaikan oleh Ketua Tim. Secara umum dapat dikatakan hasilnya cukup baik, tetapi perlu diingat bahwa putusan yang dibuat oleh majelis hakim haruslah memenuhi asas keadilan sehingga para pihak tidak dirugikan, tutur beliau. Pada saat putusan dibacakan diusahakan sudah dalam bentuk net, tidak dalam bentuk konsep, sehingga para pihak tidak lagi bolak balik hanya untuk mengambil putusan.

Selanjutnya, hasil pengawasan bidang administrasi umum dijelaskan oleh H. Muhammad Ali B, S. Ag. Alhamdulilah secara umum semua telah berjalan baik karena hasil temuan bulan April sebelumnya telah ditindak lanjuti tetapi ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan lagi sehingga kedepannya hasil pekerjaan kalian lebih baik lagi, ungkap beliau.

Bagian TI juga mendapat beberapa catatan dari Anang Ma’ruf, S. Kom agar dalam penilaian Tim lomba program prioritas Badilag, Website PA Tual dapat menjadi salah satu pemenangnya.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tual Kelas II

Jl. Jenderal Soedirman, Ohoijang, Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara - 97610

Telp. : (0916) 23572

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Tual © 2019