Untuk menjaga agar Implementasi berbagai aplikasi ini dapat diterapkan dengan baik maka perlu adanya pengawasan dan evaluasi secara berkala dari Ketua Pengadilan Agama selaku Penanggung Jawab dalam Tim TI. Selasa (23/04/2013), rapat evaluasi tahap dua Tim TI PA Tual dilaksanakan diruang KPA Tual, dihadiri oleh semua personil yang tergabung dalam Tim TI PA Tual.

Dari forum ini ditemukan bahwa gangguan jaringan internet sebagai “Primary Enemy” (musuh utama) yang menghambat proses penerapan dan kinerja setiap divisi berbasis TI di PA Tual.  Untuk SDM, tidak ada masalah dari divisi kami dalam mengupload data pegawai dalam Simkep/Simpeg On Line, hanya saja yang paling mengganggu kerja kami adalah saat jaringan internet bermasalah dan tidak terkoneksi, ungkap Kaur Kepegawaian M. Ali Hanafi Lakesmas, SH.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh operator Website PA Tual Hendra Cipta, A. Md yang sangat dipusingkan dengan sering terjadinya gangguan jaringan internet. Banyak sekali konten-konten yang harus dilengkapi dalam website sesuai dengan standarisasi yang ditentukan oleh Badilag. Apalagi pendaftaran online wajib dimiliki oleh setiap PA, ini menjadi tanggung jawab saya selaku operator. masalah paling fatal hanyalah saat jaringan internet bermasalah dalam dua sampai tiga hari setiap minggu yang berakibat pekerjaan saya lumpuh total.

Implementasi SIADPA sudah berjalan sesuai target, dimana Petugas Meja I sampai Hakim telah menerapkan SIADPA dalam tugas pokok mereka, tutur Admin SIADPA Rusman, S. SEI. Kendala terbesar kami hanyalah saat harus mengupload data dalam info perkara badilag.net tetapi jaringan internet bermasalah yang mengakibatkan data perkara PA Tual tidak valid dan berwarna merah. Kevalidan ini dapat kami perbaharui saat jaringan normal kembali, hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan kami karena bisa saja kami dianggap lalai dalam mengupload data padahal gangguan jaringan yang jadi pelaku utama.

Untuk menyiasati keadaan ini, baik Operator Website maupun Admin SIADPA sering menggunakan waktu libur mereka di hari sabtu dan minggu untuk kerja lembur jika jaringan normal kembali agar pekerjaan mereka dapat terselesaikan tepat waktu.

Solusi yang dicapai dalam forum ini untuk mengatasi persoalan tersebut adalah sering berkoordinasi dengan layanan internet servis jika terjadi gangguan jaringan sehingga hal tersebut tidak terjadi dalam waktu lama. Apapun situasinya Tim TI PA Tual harus dapat bekerja dengan lebih baik, lebih cerdas dan lebih ikhlas agar setiap program yang diusung Mahkamah Agung-RI dapat kita realisasikan, ucap KPA Tual menutup rapat yang berlangsung sekitar tiga jam tersebut. (Rosita Pelu/Tim TI)