logo patual

banner1

Portal Pengadilan Agama Tual

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tual, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Tual

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Zona Integritas

Pencanangan pembangunan Zona Integritas dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik
Zona Integritas

PROGRAM PRIORITAS

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah menetapkan 8 (Delapan) program prioritas Tahun 2022
PROGRAM PRIORITAS

MOTTO PENGADILAN AGAMA TUAL

Motto Pengadilan Agama Tual "M A N T A P P"..
MOTTO PENGADILAN AGAMA TUAL

Hal ini terlihat dalam euforia perayaannya, membaurnya semua pegawai tidak terkecuali para Hakim, merasa terpanggil untuk mengenang serta menghidupkan sunah nabi Ibrahim AS,  dengan semangat  untuk berbuat baik kepada diri dan keluarga, serta memuliakan tetangga, kerabat,  teman- teman dan bersedekah kepada faqir miskin juga terinspiransi akan kebaikan pada setiap helai bulu hewan yang dikorbankan Alhamdulillah perayaan kemarin berjalan dengan nikmat. Apa yang memotifasi Pengadilan Agama tual berkurban, berikut cuplikan wawancara tim redaksi bersama Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Tual, bapak Drs. Ali Turki Renhoat disela-sela  kesibukkanya:

Apa yang melatarbelakangi sehingga Perayaan Aidul Adha tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya?

“bahwa kurban telah ditetapkan dalam program kerja PA Tual, kita telah memiliki wadah yang namannya koperasi, nah disanalah di mulai dengan apa yang namanya simpanan untuk kurban”

Mengapa baru sekarang PA Tual berkurban?

“Tahun – tahun yang lalu animo untuk berkurban masih rendah”

keingintahuan Publik dari mana anggaran berkurban, dan untuk meluruskan persepsi yang mungkin saja keliru tentang Anggaran sementara tidak ditetapkan dalam DIPA

“sebelumnya saya mengkarifikasi bahwa yang berkurban bukan dari Satker Pengadilan Agama tual, melainkan kurban berasal dari 4 hakim Pengailan Agama Tual di tambah 1 hakim  dari Pengailan Negeri Tual.

Kedepan langkah-langkah apa yang harus diambil untuk lebih menigkatkan mungkin dari jumlah hewan yang dikurbankan

“ya dengan wadah koperasi tadi, kemudian pencerahaan rohani tentang keutamanan berkurban, dan yang paling utama adalah menanamkan niat untuk dapat berkurban  kedepanya.

Hikmah yang dapat diambil khususnya untuk warga Peradilan Agama Tual terlepas dari bersyukur kepada Allah atas nikmatnya yang banyak, mengembirakan kaum duafa!

“untuk lebih meningkatkan kebersamaan antar sesama keluarga besar PA Tual.

 

Tidak cukup sampai disitu tim redaksi mencoba mengali informasi dari Hakim Pengadilan Agama Tual, Bapak Nur Ali Renhoat, S.Ag yang merupakan panitia sekaligus saat ini menjabat sebagai Plh. Ketua Pengadilan Agama Tual.

Apa yang memotifasi sehingga tahun ini hakim PA Tual berkurban….

“berawal dari ide pak Ketua bapak Drs. Tamat Zaifudin yang mengatakan bagaimana kalau para hakim berkurban, dari situlah awalnya. ya mungkin ada beberapa motifasi diantaranya :

  1. Untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT
  2. Mensyukuri nikmat yang telah diberikan berupa pendapatan yang diterima setiap bulannya
  3. Memupuk kebersamaan antar sesama
  4. Yang lebih penting bahwa aspek sosialnya, memakmurkan warga disekitar lorang citra pada khususnya dan kota tual pada umumnya.

Tadi bapak katakan bahwa aspek sosial, memakmurkan warga dalam perayaan kurban kemarin disalurkan kemana saja atau untuk siapa saja.

“kemarin kami menyalurkan ke 33 orang yang berhak menerima, 2 kecamatan di Kota Tual  yaitu kecamatan Pulau dulah Utara dan selatan dan 1 kecamatan di diwilayah kabupaten Maluku Tenggara yakni kecamatan Kei Kecil Timur.

Disinggung  tentang kedepan langkah-langkah apa  yang harus diambil  beliu menambahkan bahwa hal pertama adalah menyatukan persepsi tentang pentingnya arti berkurban teruta dampak sosialnya yang begitu tinggi sehingga sekarang sudah mulai plening dengan cara tabungan kurban yang disesuaikan dengan pendapatan masing-masing.

Kita semua berharap pada apa yang telah menjadi program kerja dan dapat direalisasikan, semoga saja kedepan akan lebih baik. (Ethok)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tual Kelas II

Jl. Jenderal Soedirman, Ohoijang, Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara - 97610

Telp.  : (0916) 23572

Fax    : (0916) 23572

Email : pa.tualmaluku

          @gmail.com

 Facebook Instagram Youtube

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Tual © AT 2021