logo patual

banner1

Portal Pengadilan Agama Tual

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tual, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Tual

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Zona Integritas

Pencanangan pembangunan Zona Integritas dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik
Zona Integritas

PROGRAM PRIORITAS

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah menetapkan 5 (Lima) program prioritas Tahun 2024
PROGRAM PRIORITAS

MOTTO PENGADILAN AGAMA TUAL

Motto Pengadilan Agama Tual "M A N T A P P"..
MOTTO PENGADILAN AGAMA TUAL

on . Hits: 171

Pengawasan Hatiwasda113 

www.pa-tual.go.id

Langgur | Senin, 25 Mei 2024 | Pengadilan Tinggi Agama Ambon melaksakan Pengawasan Reguler di Pengadilan Agama Tual. Pengawasan ini di Pimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon Drs. H. Sahrudin, S.H., M.H., dan disambut oleh Ketua Pengadilan Agama Tual Fahri Latukau, S.H.I., M.H dan Wakil Ketua PA Tual Ahmad Zaky, S.H.I., M.H., dengan mengalungkan tanda pengenal kepada seluruh tim. Adapun Hakim Tinggi Pengawas yang bertugas untuk melaksanakan pengawasan di Pengadilan Agama Tual ialah Drs. H. Ahkmadi, M.Sy.,(Hakim Tinggi PTA Ambon), H. Imanudin Tiflen, S.H., M.H.I., (Panitera PTA Ambon), H. Junaidi, S.Ag., (Kepala Bagian Umum dan Keuangan), Rusna Styastuti, S.H., M.H., (Panitera Pengganti PTA Ambon), Risma Mille, S.E., (Bendahara PTA Ambon dan Mohammad Novrizal Fikri, S.T., (Pranata Komputer). Pengawasan tersebut memiliki tujuan sebagai upaya dalam akuntabilitas kinerja, serta memastikan bahwa proses pelayanan bagi para pencari keadilan telah berjalan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang berlaku.

Pengawasan Hatiwasda7Pengawasan Hatiwasda2

Ketua Tim Pembinaan dan Pengawasan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon Drs. H. Sahrudin, S.H., M.H.,selanjutnya mengadakan pertemuan singkat diruangan Ketua Pengadilan Agama Tual Fahri Latukau, S.H.I., M.H, dengan memaparkan maksud dan tujuan Pengawasan yang merupakan salah satu fungsi pokok manajemen untuk menjaga dan mengendalikan agar tugas-tugas yang harus dilaksanakan dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan rencana dan aturan yang berlaku. Pengadilan Tinggi Agama Ambon sebagai pengadilan agama Tingkat banding di wilayah maluku mempunyai kekuasaan untuk melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan peradilan, serta melakukan pengawasan terhadap tingkah laku dan perbuatan para hakim di semua lingkungan peradilan di bawah naungan PTA Ambon. Oleh karena itu, menjadi tugas dan tanggungjawab bagi PTA Ambon untuk mengatur dan mengurus masalah organisasi, administrasi, dan finansial badan peradilan di bawahnya dan diwujudkan dalam bentuk pengawasan.

Pengawasan Hatiwasda9Pengawasan Hatiwasda114

Pengawasan diawali dengan diskusi di Ruang Aula Pengadilan Agama Tual. Pada kesempatan ini Ketua PA Tual Fahri Latukau, S.H.I., M.H., memaparkan terkait pelaksanaan pelayanan di Pengadilan Agama Tual. Ketua PA Tual juga memaparkan tentang pelaksanaan sidang di luar gedung, kondisi penerimaan perkara, pembayaran perkara dan inovasi di PA Tual.

Pengawasan Hatiwasda111

Pada puncak diskusi, Ketua PTA Ambon Drs. H. Sahrudin, S.H., M.H., melakukan pembinaan kepada seluruh aparatur PA Tual. Dalam pembinaannya beliau menyampaikan untuk selalu melakukan evaluasi atas hasil kinerja tahun lalu, kemudian petakan apa saja yang harus dibenahi dan diperbaiki pada tahun 2024 ini. Pembinaan dan pengawasan ini merupakan salah satu perwujudan pembangunan Zona Integritas menuju WBBM. Selanjutnya pada kesempatan ini beliau menyampaikan masalah yustisi bahwa tujuan pemanggilan para pihak agar para pihak tersebut mengetahui ada perkara yang akan disidangkan dan juga agar para pihak dapat membela hak-haknya, untuk itu amar putusan diurutkan berdasarkan urutan persidangan.

Pengawasan Hatiwasda118

Pengawasan yang berlangsung pada tanggal 27 s/d 29 Mei 2024 tersebut, diharapkan dapat diketahui kenyataan yang ada di Pengadilan Agama Tual. Hasil tersebut juga digunakan sebagai masukan dan bahan pertimbangan bagi pimpinan untuk menentukan kebijakan dan tindakan yang diperlukan menyangkut pelaksanaan tugas pengadilan, tingkah laku pegawai pengadilan dan kinerja pelayanan publik di Pengadilan Agama Tual. Tentunya, hal ini menjadi perbaikan bagi pelaksanaan tugas dan wewenang di masa mendatang.

Pengawasan Hatiwasda117Pengawasan Hatiwasda119

Pengawasan Hatiwasda116

Proses pengawasan meliputi seluruh bidang, baik kesekretariatan maupun kepaniteraan. Dalam pengawasan tersebut, seluruh aparatur Pengadilan Agama Tual sesuai dengan bidang tupoksinya masing-masing, dapat menghadirkan eviden sesuai yang diharapkan. Hal ini menunjukkan bahwa secara garis besar, Pengadilan Agama Tual telah bekerja sesuai dengan prosedur yang seharusnya dan telah tertib dalam tata kelola administrasi. Namun, adanya pengawasan sangat penting dan harus tetap dijalankan untuk menjaga agar pelaksanaan tugas lembaga peradilan sesuai dengan rencana dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta menjamin terwujudnya pelayanan publik yang baik bagi para pencari keadilan yang meliputi : kualitas putusan, waktu penyelesaian perkara yang cepat, dan biaya berperkara yang murah.

Di Akhir pembinaan Ketua PA Tual Fahri Latukau, S.H.I., M.H., mewakili keluarga besar PA Tual mengucapkan terima kasih atas pembinaan dan pengawasan yang telah dilaksanakan oleh Ketua PTA Ambon bersama Tim yang sudah memberikan banyak masukan dan bimbingan, hal ini merupakan koreksi serta evaluasi bagi PA Tual untuk menjadi selalu yang terbaik dimasa-masa yang akan datang.(AT)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tual Kelas II

Jl. Jenderal Soedirman, Ohoijang, Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara - 97610

Telp.  : (0916) 23572

Fax    : (0916) 23572

Email : pa.tualmaluku

          @gmail.com

 Facebook Instagram Youtube

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Tual © AT 2021