logo namlea

Portal Pengadilan Agama Tual

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tual, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Tual

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Zona Integritas

Pencanangan pembangunan Zona Integritas dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik
Zona Integritas

SELAMAT ATAS TERPILIHNYA KETUA MAHKAMAH AGUNG RI

Keluarga Besar Pengadilan Agama Tual Mengucapkan Selamat Atas Terpilihnya Yang Mulia Bapak Dr.H.M.Syarifuddin, S.H.,MH Sebagai Ketua Mahkamah Agung RI Periode 2020-2025
SELAMAT ATAS TERPILIHNYA KETUA MAHKAMAH AGUNG RI

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1441 H

Keluarga Besar Pengadilan Agama Tual Mengucapkan : Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqabbal Ya Karim..
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1441 H

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tual Kelas II (www.pa-tual.go.id), sebagai media informasi dan transparansi pada Peradilan Agama di Maluku   -   Keluarga Besar Pengadilan Agama Tual Mengucapkan : SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1441 H, Taqabbalallahu Minna Wa minkum taqabbal Ya Karim.

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Selengkapnya

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Selengkapnya

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Selengkapnya

 

Terlihat Operator/Jurusita Pengganti mengarahkan masyarakat yang mengikuti Sidang Keliling PA Tual Tahun 2018

 

Sidang Keliling tahap II ini menyidangkan sedikitnya 24 (dua puluh empat) perkara permohonan itsbat nikah. Dalam putusannya, terdapat 22 (dua puluh dua) Perkara kabul dan 2 (dua) perkara cabut. Adapun alasan dicabutnya 2 (dua) perkara tersebut dikarenakan pihak Pemohon telah meninggal dunia dan yang satu lagi usiaPemohon masih di bawah umur.

Antusiasme masyarakat Pulau Ut dalam mengikuti kegiatan siding keliling ini cukup tinggi terlihat dari banyaknya masyarakat yang hadir sebelum sidang di mulai. Nampak juga beberapa tokoh masyarakat setempat yang hadir.

 

Tampak Masyarakat Pulau Ut yang datang mengikuti Sidang Keliling PA Tual Tahun 2018

 

 Sidang Keliling merupakan program yang memudahkan masyarakat pencari keadilan dalam memperoleh pelayanan hukum yang mudah dan murah. Sehingga dengan besarnya manfaat Sidang Keliling ini bagi masyarakat yang berdomisili jauh dan sulit menjangkau kantor PA Tual, PA Tual telah memprogramkan pelaksanaan Sidang Keliling pada tahun 2018.

Menurut Ketua PA Tual, Dahron, S.Ag.,M.S.I., yang sekaligus menjadi Ketua Majelis Hakim dalam siding keliling tahap II ini, mengatakan bahwa “Sidang keliling tahap II ini dilaksanakan di Pulau Ut karena kesiapannya yang lebih baik dari segi kesiapan perkara yang akan disidangkan maupun kesiapan fasilitasnya sert ajangkauan ke lokasi yang lebih mudah, meskipun tetap menggunakan speedboat”, ujarnya penuh senyum.

 

Proses pengambilan sumpah yang dilakukan oleh Ketua Majelis terhadap saksi

 

Pelaksanaan Sidang Keliling ini merupakan program unggulan Pengadilan Agama Tual, yang senantiasa dilaksanakan setiap tahun dan terbagi dalam beberapa tahap pelaksanaannya, dengan lokasi yang berbeda. Dengan telah dilaksanakannya Sidang KelilingTahap II di Pulau Ut, Kecamatan Pulau Dullah Selatan, Kota Tual, selanjutnya siding kelilingtahap III akan dilaksanakan di Ohoi Dian Pulau, Kecamatan Hoatsorbay, Kabupaten Maluku Tenggara.

Sejalan dengan tujuan siding keliling atau sidang di luar Gedung pengadilan yakni untuk mempermudah setiap warga negara yang tidak mampu atau sulit menjangkau lokasi kantor Pengadilan Agama karena hambatan biaya, hambatan fisik atau hambatan geografis. Sehingga kedepannya PA Tual akan terus meningkatkan pelayanan demi terciptanya pelayanan prima secara menyeluruh kepada masyarakat. *Nurrahman/Tim TI*

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tual Kelas II

Jl. Jenderal Soedirman, Ohoijang, Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara - 97610

Telp. : (0916) 23572

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Tual © 2019