logo namlea

banner1

Portal Pengadilan Agama Tual

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tual, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Tual

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Zona Integritas

Pencanangan pembangunan Zona Integritas dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik
Zona Integritas

PROGRAM PRIORITAS

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah menetapkan 8 (Delapan) program prioritas Tahun 2022
PROGRAM PRIORITAS

MOTTO PENGADILAN AGAMA TUAL

Motto Pengadilan Agama Tual "M A N T A P P"..
MOTTO PENGADILAN AGAMA TUAL

Written by Agus on . Hits: 11

Resensi Buku Antologi Pengawasan Aparatur Peradilan

 Buku Antologi Pengawasan

Judul Buku : Antologi Pengawasan Aparatur Peradilan, Catatan Pengetahuan dan Pengalaman di Balik Surat Tugas

Penerbit               : Magnum Pustaka Utama

Pengarang            : Muh. Irfan Husaeni

ISBN                    : 978-623-6911-36-5

Jumlah Halaman   : xii, 150

Harga                  : Rp.57.000,00

Peresensi             : Ria Resti Dewanti, S.H., M.H.

Jabatan Peresensi : Hakim Pengadilan Negeri Polewali

Buku Antologi Pengawasan Aparatur Peradilan yang ditulis oleh Muh Irfan Husaeni ini merupakan karya tulis yang patut saya apresiasi. Dengan pengalaman Penulis bekerja di Badan Pengawasan (Bawas) selama kurang lebih 4 (empat) tahun telah membawa banyak problema dan penyelesaian yang sangat berguna bagi Lembaga dan institusi Mahkamah Agung Republik Indonesia. Sebagian dari permasalahan yang pernah beliau alami, dengar dan lihat oleh Penulis dituangkan dalam beberapa bagian judul tulisan yang terkumpul dalam buku.

Sebagai Hakim Tingkat Pertama di Pengadilan Negeri Klas II saya mendapat banyak wawasan dan pengetahuan dari adanya cara pengawasan yang dilakukan oleh Bawas diantaranya adalah mengenai apa saja yang dibutuhkan Bawas ketika melakukan pengawasan di Pengadilan Negeri Tingkat Pertama, misalnya berkas-berkas apa saja yang dibutuhkan untuk diperiksa walaupun pemeriksaan itu merupakan pemeriksaan regular namun tetap saja harus menjadi perhatian, jangan sampai dengan adanya pengawasan regular dapat menjadi pengawasan kasus.

Sebagai seorang Hakim tentunya saya harus mawas diri dalam melaksanakan Tupoksi Hakim yaitu memeriksa dan mengadili perkara. Sebab para pihak akan berusaha untuk meyakinkan Hakim di dalam persidangan bahwa dirinyalah yang benar. Namun perlu diwaspadai bahwa para pihak yang tidak percaya diri dapat saja berusaha mempengaruhi Hakim dengan cara memberikan pemberian untuk memengaruhi putusan Hakim. Sehingga Hakim tentunya harus menerapkan nilai ‘Integritas’ sebagai jati diri seorang Hakim.

“Tidak hanya sebatas profesi saja namun segala keseharian yang saya kerjakan akan menjadi rekam jejak bagi jenjang karir dan profesi di masa yang akan datang,” begitulah penggalan kalimat yang disampaikan Penulis dalam buku Ontologi Pengawasan Aparatur Peradilan. Tentunya menjadi pengingat bagi segenap Hakim maupun ASN untuk selalu menjaga ucapan dan tingkah laku selama bertugas dimanapun. Karena pada akhirnya diri kita, masa depan kita akan ditentukan oleh perbuatan yang selalu berulang dalam keseharian. Sehingga penting untuk mengingat apa yang kita pikirkan karena akan menjadi ucapan, dan penting untuk menjaga ucapan karena akan menjadi perbuatan.

Demikian resensi buku ini, mudah-mudahan ke depan dapat kit abaca lagi karya selanjutnya dari Penulis dan kiranya apa yang menjadi tulisan dapat menambah ilmu yang bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.           

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tual Kelas II

Jl. Jenderal Soedirman, Ohoijang, Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara - 97610

Telp. : (0916) 23572

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Tual © 2019